Tuesday, August 12, 2008

Pemakaman

Hari ini, Selasa 12 Agustus 2008, Ibu mertua dari kakak perempuan saya meninggal, Ibu Poni Mangun Rejo, pada usia 80 tahun.
Meninggal karena sakit pada usia tua, bagi saya yang mungkin tidak terlalu dekat dengan beliau mungkin tidak terlalu merasa kehilangan dengan kepergiannya. Tapi tentu akan sangat berbeda dengan mereka, keluarga yang di tinggalkan, namun entah, saya harap bukan karena apa apa, akhir akhir ini terkadang saya merasa lebih baik kalau orang yang saya anggap sudah terlalu sakit, akan lebih baik kalau meninggal, karena memang sudah waktunya. Karena siklus hidup manusia memang, dalam kandungan, lahir, bayi, kanak kanak, remaja, dewasa, tua, dan meninggal, kecuali untuk yang memang tidak di beri kesempatan untuk mengalami kehidupan lengkap oleh-Nya.
Datang pada acara pemakaman tadi siang, membuat saya semakin berpikir, betapa tidak berartinya manusia ketika sudah di takdirkan untuk meninggal, di tinggalkan pelayat di dalam kubur, sendirian, dan menurut agama yang saya anut, kita akan di datangi oleh malaikat yang baik atau buruknya tergantung dari amal perbuatan kita sewaktu ada di dunia.
Benarkah?
Wallohualam.
Hanya Alloh yang tahu. Dia lah segalanya.

Funeral

Today, Tuesday, Aug 12, 2008 My sister's mother in law, mBah ( Grandmom )Poni Mangun Rejo, 80 years old, died.
She has been sick for several years, old age, She was no one for me, just an ordinary family because the marriage of my Sister and her husband. It was really meanless for me, but ofcourse not for her families. And I don't know why I don't really think about someone's death. It just her/ his turn to be, for me, life is just, pregnant, birth, child, adolescent ( ? ), adult, old, die.
Come to the funeral made me think about the loneliness after, the angel comes in the different shape depends on what we did before, good things or bad things.
Really?
Only God knows.

No comments: