Sunday, March 18, 2012

Sinetron oh Sinetron


Minggu malam Senin tgl 18 Maret 2012, di RCTI sekitar jam 19.30 saya sepintas melihat sinetron yang agak lucu tapi menggemaskan. Bukan dalam hal jalan cerita sehingga sinetron itu saya anggap lucu, tapi kebetulan pas saya melihat, kira kira jalan ceritanya seperti ini:
Setting adalah di sebuah ruang operasi dengan 1 orang dokter laki laki, 1 asisten dokter atau perawat saya tidak tahu, dan kalau tidak salah 2 orng lainnya, entah dokter, entah asisten dokter, entah perawat, dan 1 orang pasien yang di perankan ( kalau tidak salah ) samuel zylgwyn ( maaf kalau salah eja ). Ada beberapa hal yang menggelikan di sini saya perhatikan :
  1. Baju pasien, pasien sudah memakai baju pasien bersih, hanya terkena noda darah pada saat pasien muntah, pada saat dokter akan menyuntiknya, padahal dari scene yang lain sepertinya di ceritakan kalau pasien baru saja mengalami trauma.
  2. Baju dokter dan petugas medis yang lain, di sini dokter memakai kemeja di lengkapi dengan jas putih khas dokter, padahal posisi di ruang perawatan, yang di scene yang lain di ceritakan kalau pasien baru saja melewati masa kritis.
  3. Pasien TIDAK dalam posisi di pasang selang infus maupun selang oksigen seperti biasa kita lihat di rumah sakit pada pasien yang dalam kondisi kritis.
  4. Sesaat setelah beberapa pemeran ( salah satunya di perankan aktris senior Nani Wijaya ) dan 2 orang artis lainnya bertengkar di luar kamar perawatan, pasien di dalam kamar sudah bisa berjalan keluar tanpa selang infus dan selang oksigen juga, karena mendengar keributan di luar kamar, padahal sesaat sebelumnya Pak Dokter baru saja mengatakan kalau si pasien baru saja melewati masa kritis.
  5. Nani Wijaya pada adegan ini berlari dari suatu arah dan langsung bermaksud membuka pintu kamar perawatan di mana pasien sedang di rawat, beruntung beliau tidak jadi masuk karena melihat dua pemeran lain yang sedang berbincang khawatir di luar kamar perawatan, dan terjadilah dialog di antara mereka, padahal di dalam kamar petugas medis sedang melakukan perawatan, hal ini terlihat karena yang sudah keluar baru pak dokternya saja.
  6. Terlihat sekali adegan pada saat petugas medis melakukan penanganan terhadap pasien, mereka sangat gugup, apalagi pada saat pasien muntah darah. Bukankah seharusnya mereka melakukannya dengan tenang karena pasti mereka menghadapi hal seperti itu setiap hari atau dalam istilah lain memang pekerjaan mereka adalah yang berhubungan dengan segala macam penyakit yang di derita pasien.
Itulah beberapa hal yang saya perhatikan dari sekilas melihat sinetron tadi, kebetulan judulnya saya tidak memperhatikan. Menurut saya alangkah lebih baiknya kalau hal hal detil seperti itu lebih di perhatikan, walaupun itu cerita yang mungkin di tayangkan setiap hari, sehingga mereka harus kejar tayang. Semoga sinetron kita lebih baik dari yang sudah ada sekarang.  


No comments: