Wednesday, March 21, 2012

TOMCAT oh TOMCAT

        Kalau kita mendengar kata Tomcat atau googling di internet dengan keyword Tomcat, pasti pertama yang ada di pikiran kita dan yang muncul di layar internet adalah pesawat tempur F-14, itu sebelum ada kabar heboh belakangan ini. Tapi kalau sekarang kita dengar kata Tomcat, bayangan kita pasti akan langsung terbang ke serangga berkepala hitam, dengan dada dan perut berwarna oranye, yang saat ini sedang mengusik ketenangan beberapa wilayah di Surabaya. Serangga yang masuk dalam genus Paederus, spesies Paederus Fiscipes ini suka sekali hidup di tempat yang lembab atau dipersawahan, pemangsa wereng, yang sebetulnya menguntungkan petani untuk mengendalikan hama wereng dan tertarik pada sinar lampu di malam hari.

        Akan tetapi sisi positif Tomcat ini akan segera tertutup oleh sisi negatifnya yang menyebabkan dermatitis yaitu kulit seperti melepuh, terasa gatal dan mengeluarkan cairan. Dermatitis di sebabkan oleh racun paederin di bantu bakteri yang di hasilkan oleh serangga Paederus ini apabila dia merasa terancam bahaya atau misalnya terpencet. Jadi misalnya kebetulan serangga ini menempel di kulit kita, jangan buru buru memencetnya atau membunuhnya langsung di atas kulit kita. Cukup dengan meniupnya atau di usir secara hati hati dengan benda ( kertas misalnya ).

      Namun apabila kita sudah terlanjur terkena cairan dari serangga ini jangan pula langsung panik, segera basuh dengan air mengalir dan sabun untuk menetralisir racun yang ada. Tindakan selanjutnya bisa memakai salep Hydrocortisone 1 persen, salep Betametasone dan antibiotik Neomycin Sulfat 3 kali sehari, atau dengan salep Acyclovir 5 persen.

     Yang lebih berbahaya adalah kalau sampai terjadi infeksi sekunder. Yang di sebabkan karena kita menggaruk bagian yang memerah karena terasa gatal, karena di khawatirkan kuman akan masuk ke luka, Jadi di himbau pada korban untuk tidak menggaruk bagian yang memerah walaupun terasa gatal.
Langkah pencegahan yang bisa kita lakukan antara lain menutup jendela dan pintu sebelum menyalakan lampu pada sore hari, dan lebih baik lagi memasang kasa agar serangga tidak bisa masuk. Namun apabila serangga ini sudah terlanjur di temukan di sekitar atau di dalam rumah kita lebih baik segera basmi dengan obat serangga.  
*di ambil dari beberapa sumber

No comments: