Sunday, January 13, 2013

Sunset & Sunrise

          Hiyahhhhhhhh .......... berasa sudah berlumut ini blog, gegara lama tidak saya sambangin, alias jarang di update. Saya sapa dulu pembaca di blog ini ... selamat pagi/ siang/ malam buat bapak/ ibu/ paman/ bibi/ kakak/ adik/ teman yang masih sudi meluangkan waktu buat sekedar baca ini blog. Saya berharap sekali bahwa blog ini tidak sekedar di baca, tapi bisa juga menjadi satu inspirasi buat pembaca semua untuk terutama seperti hobi saya travelling, untuk menjelajah nusantara ( satu saat harus dan akan bisa ). Seperti beberapa bulan lalu, keinginan saya untuk mengunjungi Bromo, berhubung pekerjaan saya yang berhubungan dengan per Piknik an, maka beberapa hari yang lalu, saya dapat kesempatan pergi ke Bromo, tanpa biaya alias gratis, di beri uang makan, di beri bonus, di beri gaji pula + pengalaman menegangkan naik ke Penanjakan II ( tempat melihat sunrise ) dan kawah Gunung Bromo dengan lautan pasirnya. Plus juga pengalaman menegangkan menuruni bukit ber jurang kanan kiri dalam suasana ngantuk dan lapar ( karena memang kami turun sekitar jam 09.30 wib. Bukan telat atau apa, tapi karena peserta terlalu asyik meng explor Gunung Bromo sehingga lupa waktu, kita sebagai pihak travel harus koar koar ke sana kemari memanggil peserta yang tersebar. 
Ambil peserta di sini nih ...
          Perjalanan di mulai sekitar pukul 14.00 wib. Oh iya, peserta kita kali ini adalah Guru, Karyawan dan keluarga SD Ponjong Gunung Kidul, sehingga kami pilih rute terdekat yaitu Wonogiri - Ponjong - Ponorogo - Madiun - Caruban yang kemudian di lanjutkan setelah makan malam dengan rute Nganjuk - Kertosono - Mojokerto - Bangil - Pasuruan - Probolinggo. Tiba di tempat istirahat, yaitu di satu buah rumah makan di Probolinggo sekitar tengah malam, kami kemudian menunggu kendaraan yang akan membawa kami ke atas Gunung Bromo sambil melepas lelah dan minum kopi. Sekitar jam 02.00 wib dinihari, 2 kendaraan elf tiba dan siap mengantar kami ke Penanjakan, rombongan yang ber 20 orang di bagi 2, dannnnnn petualangan pun di mulai.
Rumah makan tempat istirahat & makan pagi
          Kendaraan membelah jalanan di tengah malam buta, kondisi jalan yang semula landai berangsur menanjak, dan makin menanjak, hawa dingin pun mulai terasa, sebagian peserta bisa tertidur ( kok bisa??? ) ah barangkali karena lelah setelah perjalanan panjang tadi siang. Tapi bagi saya sayang sekali kalau perjalanan ini di lewatkan dengan tidur, maka melototlah saya. Aspal yang mulus segera di gantikan dengan medan menanjak dan terjal serta berbatu begitu kita sudah memasuki gerbang pembayaran tiket masuk, selama total kurang lebih 2 jam dari Probolinggo kami tergoncang goncang di dalam kendaraan, suasana tidak tampak menyeramkan, karena tertutup malam gelap gulita, kecauali deru kendaraan yang terdengar kami tidak melihat adanya jurang di samping kanan kiri ( keadaan segera berubah ketika hari sudah terang ) karena medan yang tadi malam kita lewati ternyata penuh dengan onak dan duri eh maaf salah, penuh dengan tebing dan jurang yang dalam di kanan kiri jalan. Habreuw .....
          Akhirnya sampai di Penanjakan II, dalam dingin dinihari, medan sudah penuh dengan lalu lalang kendaraan dan orang yang akan menyaksikan sunrise pagi itu, hampir sampai ketika kami harus turun karena jalan crowded, jalanan macet ( tidak hanya di kota yang bisa macet ) di puncak gunung pun bisa macet. kami teruskan dengan jalan kaki kurang lebih 50 an meter menanjak ... ada yang ngosh ngosh an, ada yang biasa saja, termasuk saya biasa saja, biasa ngosh maksudnya he he. Mentari sudah mulai menunjukkan jati dirinya di ufuk timur, sudah banyak yang pasang tripod lengkap dengan kameranya untuk mengabadikan peristiwa alam ini, detik, menit berlalu ..... sang Matahari pun mulai nampak kemerahan di timur sana semakin lama semakin cerah, hingga, tak terasa pagi sudah menjelang ..... sudah habis 1 roll kalau pakai film kita meng abadikan suasana. tapi berhubung pakai digital ya gak habis habis, palingan yang habis baterai nya, he he.

Trus apa hubungannya judul sama isi? katanya judulnya sunset, mana sunsetnya? barangkali itu sempat terlintas di benak pemirsa .... saya jawab, sunset nya ada di bagian lain blog ini.... he he sekian, salam.

Sebagian peserta
Sunrise



Sunrise

Hantunya nongol juga he he he

No comments: